Pola Komunikasi dalam Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran terdapat pola komunikasi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Pola komunikasi disadari atau tidak akan mempengaruhi proses belajar mengajar didalm kelas. Pola komunikasi tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi banyak arah.
1. Komunikasi satu arah
Pola komunikasi ini terjadi ketika guru menyampaikan materi di kelas kepada siswa. Siswa biasanya mendengarkan dengan tenang apa ya ng disampaikan guru dan memperhatikan apa yang diucapkan. Biasanya ketika guru menggunakan metedo ceramah pola komunikasi ini akan terbentuk dalam kelas.
2. Komunikasi dua arah
Pola komunikasi ini terjadi ketika guru menyampaikan materi kepada siswa dan guru menyelingi dengan pertanyaan yang di tujukan kepada siswa. Siswa bereakasi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru sehingga terjadi proses kokunikasi aktif dua arah yaitu antara guru dan siswa. Biasanya pola komunikasi ini terbentuk kerika guru menggunakan metode tanya jawab dalam kegiatan pembelajaran.
3. Komunikasi banyak arah.
Pola komunikasi ini terbentuk ketika terjadi interakasi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru. Pola komunikasi ini akan terbentuk ketika guru menggunakan metode pembelajaran kooperarif, dimana siswa dituntut untuk membentuk kelompok kelompok kecil dan bertukar pikiran, berdiskusi dengan anggota kelompoknya. .
Itulah pola komunikasi yang dilakukan guru dalm kelas. Setiap pola komunikasi yang diterapkan tentu akan menghasilkan hasil yang berbeda beda.
1. Komunikasi satu arah
Pola komunikasi ini terjadi ketika guru menyampaikan materi di kelas kepada siswa. Siswa biasanya mendengarkan dengan tenang apa ya ng disampaikan guru dan memperhatikan apa yang diucapkan. Biasanya ketika guru menggunakan metedo ceramah pola komunikasi ini akan terbentuk dalam kelas.
2. Komunikasi dua arah
Pola komunikasi ini terjadi ketika guru menyampaikan materi kepada siswa dan guru menyelingi dengan pertanyaan yang di tujukan kepada siswa. Siswa bereakasi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru sehingga terjadi proses kokunikasi aktif dua arah yaitu antara guru dan siswa. Biasanya pola komunikasi ini terbentuk kerika guru menggunakan metode tanya jawab dalam kegiatan pembelajaran.
3. Komunikasi banyak arah.
Pola komunikasi ini terbentuk ketika terjadi interakasi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru. Pola komunikasi ini akan terbentuk ketika guru menggunakan metode pembelajaran kooperarif, dimana siswa dituntut untuk membentuk kelompok kelompok kecil dan bertukar pikiran, berdiskusi dengan anggota kelompoknya. .
Itulah pola komunikasi yang dilakukan guru dalm kelas. Setiap pola komunikasi yang diterapkan tentu akan menghasilkan hasil yang berbeda beda.
Komentar
Posting Komentar
Mari gunakan bahasa yang baik dalam berkomentar.