Metode Ceramah
Pengertian Metode Ceramah
Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan. Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam menetapkan baik tidaknya penggunaan suatu metode. Dalam hal metode mengajar, selain faktor tujuan, murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif tidaknya penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali dan sulit menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik pelaksanaannya
Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa. agar siswa efektif dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih mengembangkan keterampilan berpikir untuk memahami suatu proses dengan cara mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat penalarannya secara sistematis. Jadi dapat dipahami metode ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar-mengajar yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap sekelompok peserta didik. Dan guru akan menjadi pusat/titik tumpuan keberhasilan metode ceramah.
Pada umumnya metode ceramah masih sering digunakan oleh para guru atau tenaga pengajar, bahkan ada pula yang enggan untuk melepaskan metode tersebut, walaupun terkesan monoton. Beberapa alasan yang menyebabkan mengapa metode ini masih sering dipergunakan yaitu:
1. Mengikuti kiprah umum.
2. Kebiasaan yang membaku pada diri seorang guru.
3. Pertimbangan praktis, artinya metode ini murah mudah dan cepat, tidak memerlukan fasilitas dan persiapan yang banyak.
4. Ketidaktahuan akan cara atau tehnik yang lainnya.
5. Faktor jumlah program dan kurangnya waktu.
Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan. Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam menetapkan baik tidaknya penggunaan suatu metode. Dalam hal metode mengajar, selain faktor tujuan, murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif tidaknya penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali dan sulit menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik pelaksanaannya
Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa. agar siswa efektif dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih mengembangkan keterampilan berpikir untuk memahami suatu proses dengan cara mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat penalarannya secara sistematis. Jadi dapat dipahami metode ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar-mengajar yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap sekelompok peserta didik. Dan guru akan menjadi pusat/titik tumpuan keberhasilan metode ceramah.
Pada umumnya metode ceramah masih sering digunakan oleh para guru atau tenaga pengajar, bahkan ada pula yang enggan untuk melepaskan metode tersebut, walaupun terkesan monoton. Beberapa alasan yang menyebabkan mengapa metode ini masih sering dipergunakan yaitu:
1. Mengikuti kiprah umum.
2. Kebiasaan yang membaku pada diri seorang guru.
3. Pertimbangan praktis, artinya metode ini murah mudah dan cepat, tidak memerlukan fasilitas dan persiapan yang banyak.
4. Ketidaktahuan akan cara atau tehnik yang lainnya.
5. Faktor jumlah program dan kurangnya waktu.
Komentar
Posting Komentar
Mari gunakan bahasa yang baik dalam berkomentar.